alexa rank

Jumat, 02 Maret 2012

kondom


Banyak yang Keliru Memakai Kondom

KOMPAS.com — Banyak orang yang menyepelekan bagaimana cara penggunaan kondom yang benar. Padahal, jika dipakai dengan benar dan konsisten, kondom bisa melindungi diri dari infeksi menular seksual serta kehamilan yang tak diinginkan.

Kesalahan yang paling umum terjadi adalah baru memakai kondom saat penetrasi sudah terjadi, melepaskan kondom saat masih berhubungan seksual, atau lupa memeriksa ada tidaknya kerusakan pada kemasan atau kondisi kondomnya. Kesalahan-kesalahan ini bisa menyebabkan kondom robek atau bocor.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa kondom bisa mencegah kehamilan sampai 98 persen. Angka kegagalan kondom dalam mencegah kehamilan sekitar 15 persen.

Kesalahan yang kerap dilakukan para pemakai kondom itu dicatat oleh peneliti dari The Kinsey Institute for Research in Sex, Gender, and Reproduction, Universitas Indiana. Mereka melakukan analisis terhadap 50 penelitian mengenai kondom.

Kesalahan dalam pemakaian yang juga sering terjadi adalah membuka gulungan kondom sebelum dipakai dan bukannya langsung memasangkannya di penis. Sekitar seperempat responden juga mengatakan, mereka sering lupa menyisakan ruang di ujung kondom untuk cairan mani.

Sekitar 40 persen partisipan studi juga pernah mengalami kondom robek, dan 13 persen mengatakan pernah mendapatkan kondom yang bocor.

Kondom yang memenuhi standar mutu internasional sebenarnya tidak mudah robek karena tiap kondom yang diproduksi harus melalui uji elektronis. Sebagian besar kerusakan kondom sering kali terjadi karena kesalahan pemakai, seperti menggunakan pelicin minyak serta membuka kemasan dengan kuku atau benda tajam.

Untuk menjaga kualitas kondom, disarankan untuk tidak menyimpan kondom dalam dompet atau saku belakang celana jeans karena dapat merusak kondom. Hindari menyimpan kondom di tempat panas, dan jangan gunakan kondom jika kemasannya rusak, warnanya pudar, kering, atau lengket.
                        ……


SALAH PAKAI KONDOM

Ghiboo.com – Kondom 98 persen efektif mencegah kehamilan penularan penyakit menular seksual jika digunakan dengan benar. Namun, sayangnya masih banyak pria yang masih salah menggunakan kondom.
Tim peneliti dari The Kinsey Institute Condom Use Research Team (CURT) menganalisis 50 artikel yang telah diterbitkan dari beberapa media antara tahun 1995-2011.
Para peneliti juga melibatkan berbagai partisipan mulai dari pasangan monogami hingga pekerja seks. Peneliti banyak menemukan bahwa kondom sering kali tidak digunakan sebagai pengaman saat berhubungan seks.
Para peneliti menyoroti sejumlah kesalahan termasuk penggunaan benda tajam untuk membuka kemasan kondom, menggunakan kondom terlambat atau terlalu cepat saat berhubungan seks dan kesulitan menggunakan kondom berbahan tambahan pelumas.
Telat pakai
Hasil pengamatan menunjukkan sekitar 17-51,1 persen orang dilaporkan memasang kondom beberapa lama setelah aktivitas bercinta dilakukan. Sedangkan 13,6-44,7 persen mengatakan menggunakan kondom sejak memulai berhubungan seks.
Kesalahan dalam pemakaian
Peneliti juga menemukan beberapa kesalahan saat pria dalam meletakkan kondom. Sekitar 45,7 persen orang yang diinterogasi peneliti mengaku mereka tidak memberikan ruangan untuk air mani saat menggunakan kondom. Sekitar Seperempat pria dilaporakan sudah membuka gulungan kondom sebelum memasangnya di penis. Sementara 4-30,4 persen pria dilaporkan melepaskan kondomnya saat masih melakukan hubungan seks.
Tidak teliti
Peneliti juga menemukan sekitar 74,5 persen pria dan 82,7 persen wanita tidak memeriksa kerusakan kondom yang mereka beli sebelum menggunakannya. Bahkan, setengah jumlah partisipan pria dan wanita mengaku tidak membuang udara dari dalam kondom sebelum digunakan di alat kelamin mereka.
Kondom rusak
Kondom sobek dan bocor merupakan masalah yang sering dialami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 0,8-4,7 persen pernah mengalami kondom sobek. Sementara 13,1-19,3 persen pernah mengalami kebocoran.
Profesor Crosby, seperti dilansir melalui Dailymail, Selasa (28/2) mengatakan, perlu edukasi dan instruksi mengenai cara penggunaan kondom yang benar, sehingga kehamilan yang tidak diinginkan dan penularan penyakit menular lainnya bisa diminimalisir.


Ternyata pakai kondom juga ada aturannya

Kondom terbukti efektif mencegah kehamilan yang tidak diharapkan dan penularan penyakit kelamin pada hubungan seks yang tidak aman. Untuk merasakan keefektifannya, ada beberapa anjuran dan pantangan bagi pengguna kondom.
Banyak pria yang membenci alat kontrasepsi yang satu ini karena takut menurunkan sensasi saat sedang bercinta dan repot memakainya. Sementara banyak wanita yang masih malu-malu meminta pasangannya untuk memakai kondom agar terhindar dari kehamilan yang tidak diinginkan.
Berikut beberapa anjuran dan pantangan yang sebaiknya diperhatikan bagi calon pengguna kondom :
Anjuran
1. Gunakan kondom dengan pelumas (lubrikan) yang berbasis air atau silikon
2. Simpan kondom pada tempat yang kering dan sejuk, tapi bukan di dalam lemari es yang terlalu dingin.
3. Selalu memeriksa tanggal kadaluarsa
4. Pasang kondom pada penis sebelum ada kontak seksual dengan pasangan
5. Cari kondom yang sesuai dengan ukuran Anda. Kondom yang terlalu kecil atau terlalu besar tetap bisa berisiko menyebabkan kehamilan atau penularan penyakit kelamin.
6. Sebelum membuka gulungan kondom, remas dengan lembut ujung kondom dengan ibu jari dan jari telunjuk untuk memastikan ruang yang cukup untuk menampung air mani dan mencegah adanya udara yang terperangkap.
7. Gunakan kondom baru setiap kali akan berhubungan seksual
8. Tetap gunakan kondom untuk hubungan seks anal (lewat dubur) dan seks oral.
Pantangan
1. Jangan gunakan kondom yang melewati tanggal kedaluwarsa, yang biasanya agak rusak, terasa lengket dan rapuh.
2. Jangan gunakan kondom yang terbuat dari kulit hewan karena jenis tersebut tidak melindungi terhadap penularan penyakit kelamin. Jika Anda alergi terhadap kondom lateks, gunakan kondom yang terbuat dari poliuretan atau jenis plastik.
3. Jangan menaruh kondom dalam tempat yang terpapar panas langsung (misal di saku belakang atau kotak di dashboard mobil), cahaya (misal lampu atau sinar matahari langsung), jauhkan dari benda keras (misal koin di dompet, kunci di saku atau gunting kuku di tas).
4. Jangan menggunakan gigi, kuku, gunting atau benda tajam lain untuk membuka pembungkus kondom dan pastikan Anda menerawangkan di cahaya yang cukup untuk memastikan bahwa kondom tidak rusak.
5. Jangan gunakan pelumas yang mengandung minyak, lemak, baby oil, body lotion, minyak goreng, lotion pijat atau tabir surya. Krim-krim tersebut dapat merusak kondom dengan membuat lubang-lubang kecil.
6. Jangan membuka gulungan kondom atau meniupkan udara ke dalamnya sebelumnya dimasukkan ke dalam penis.
7. Jangan mendobel kondom pada waktu yang sama, setelah pakai kondom terus ditimpa kondom lagi.
8. Jangan gunakan kondom pria dan wanita secara bersamaan dengan pasangan Anda karena kedua kondom bisa menempel dan menjadi tidak efektif. Jadi salah satu saja yang memakainya.
9. Jangan membuang kondom bekas ke toilet karena bisa mencemari lingkungan.

 

Lima Jenis Kondom yang Bikin Bergairah



Bramirus Mikail | A. Wisnubrata | Selasa, 3 Januari 2012 | 20:24 WIB
KOMPAS.com - Sebagai salah satu alat kontrasepsi, penggunaan kondom bisa menjadi salah satu pilihan yang menyenangkan. Tetapi saat ini masih saja banyak pria beranggapan bahwa memakai kondom dapat menghambat ereksi dan mengganggu keintiman atau sensitivitas seks.

Mulai sekarang buang jauh-jauh pikiran itu. Penggunaan kondom tidak selamanya akan mengurangi kenikmatan seksual Anda. Berikut ini adalah 5 jenis kondom yang bisa membuat aktivitas seks Anda menjadi lebih bergairah:

1. Flavoured kondom

Kondom ini tersedia dalam berbagai rasa seperti coklat, kopi, strawberry, mint, vanila dan banyak lagi. Ingat, jika Anda menggunakannya selalu pastikan bahwa kondom yang Anda pakai benar-benar bebas gula untuk menghindari infeksi jamur.

2. Dotted kondom

Jika Anda ingin mendapatkan kesenangan yang lebih dan berlipat-lipat ganda, kondom ini bisa menjadi solusinya. Pasalnya, kondom ini memiliki tekstur, sehingga akan menguntungkan baik untuk Anda atau pasangan. Kondom ini memiliki benjolan kecil yang terletak di kedua sisinya.

3. Super thin condoms

Kondom jenis ini sangat tipis, bahkan ketika memakainya Anda berasa tidak seperti sedang memakai kondom. Bentuknya yang transparan dengan lapisan tipis yang terbuat dari bahan sheerlon membuat sensasi terasa lebih nyata. Meski bentuknya sangat tipis, tetapi kondom ini tetap efektif untuk mencegah kehamilan dan PMS (peyakit menular seksual).

4. Pleasure-shaped condom

Jenis kondom ini dapat mempertinggi sensitivitas untuk kedua "mitra", karena memiliki ujung yang longgar dan besar.

5. Glow in the dark condom


Jika Anda ingin merasakan suasana yang berbeda saat berhubungan seks, kondom ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, ketika terkena cahaya selama 30 detik, kondom ini dapat bersinar dalam gelap. Jangan khawatir, kondom ini sama sekali tidak beracun dan memiliki tiga lapisan. Bagian dalam dan lapisan terluar terbuat dari lateks dan yang tengah berisi pigmen yang aman yang membuatnya bisa bersinar.

           ……..

 


 

5 Cara Agar Si Dia Mau Pakai Kondom


KOMPAS.com - Umumnya, para pria selalu mengeluh jika harus memakai kondom saat berhubungan seks. Mereka biasanya mengatakan, memakai kondom tidak nyaman, menghambat ereksi dan mengganggu keintiman atau sensitivitas seks.

Sementara, disisi lain, penggunaan kondom dapat menyiratkan ketidakpercayaan seorang terhadap lawan mainnya. Tapi tenang, jika pasangan Anda berkeberatan atau menghindari menggunakan kondom, ikuti beberapa langkah berikut ini:

1. Buat rencana ke depan

Sebelum melakukan hubungan seks, ada baiknya Anda berdiskusi dengan pasangan tentang berbagai risiko yang mungkin bisa terjadi jika tidak menggunakan kondom. Seperti diketahui, kondom merupakan alat kontrasepsi yang sangat efektif dalam mencegah kehamilan dan penyakit menular seksual.

2. Cari ukuran yang sesuai
Setiap jenis kondom belum tentu cocok untuk semua orang yang menggunakannya. Untungnya, kini kondom tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran, warna, rasa, tekstur, dan bahan. Hal ini memungkinkan Anda untuk memilih sesuai dengan kebutuhan sehingga seks menjadi nyaman dan menyenangkan.

"Saya mendorong setiap pasangan untuk mencari kondom yang berbeda dan lubes agar menemukan apa yang terbaik untuk mereka," kata Perry N. Halkitis, PhD, seorang psikolog yang mengkhususkan diri dalam bidang HIV di New York University.

3. Coba kondom perempuan
Jika suami atau pasangan Anda tetap tidak mau menggunakan kondom, Anda mungkin harus sedikit mengalah. Anda dapat mencoba kondom perempuan, yang dipasang di dalam vagina.

4. Menyamakan sikap
Beritahu pasangan Anda bahwa menggunakan kondom bukanlah kepentingan individu semata, melainkan kepentingan Anda berdua.

"Meminta pasangan untuk memakai kondom bukan merupakan indikasi dari kurangnya rasa cinta, melainkan ungkapan sesungguhnya dari kasih sayang yang Anda berikan," kata Halkitis.

5. Konsultasi ke dokter
Beberapa pria biasanya mengalami kesulitan mempertahankan ereksi saat mengenakan kondom. Kondisi ini bisa disebabkan karena ukuran kondom yang tidak pas atau masalah psikologis -terkait dengan disfungsi seksual-, konsumsi alkohol atau obat disfungsi ereksi. Jika masalah tetap tidak terselesaikan sekalipun Anda sudah mengganti kondom, segera konsultasikan ke dokter.


 

Terapi Kondom Agar Hamil?


KOMPAS.com - Istri yang mengalami alergi sperma suami menyebabkan pembuahan tak kunjung berhasil atau sulit hamil. Alergi sperma sebenarnya istilah untuk mengungkapkan tingginya antibodi istri terhadap sperma suami, sehingga sperma tidak bisa membuahi dan mati karena sistem antibodi tadi.

Androlog, dr Nugroho Setiawan, MS, SpAnd di bagian Kebidanan dan Kandungan RSUP Fatmawati menjelaskan alergi sperma bisa diatasi dengan mengikuti program terapi kondom, yakni suami harus menggunakan kondom setiap kali berhubungan intim.

Di awal pemakaian, mungkin sebagian pasangan merasakan ketidaknyamanan, karena tidak terbiasa. Jadi mereka perlu menyesuaikan diri, apalagi tindakan ini dilakukan dalam waktu cukup lama, sekitar 6-8 bulan.

Tujuan terapi ini supaya sperma tidak masuk ke dalam tubuh istri. Dengan begitu, diharapkan kadar antibodi istri akan menurun secara perlahan, sehingga di 6-8 bulan mendatang tak efektif dalam menghalau sperma yang masuk.

Disiplin
Setiap pasangan harus disiplin ketika menjalani terapi ini. Suami dan istri harus saling mengingatkan untuk menggunakan kondom sebelum melakukan hubungan intim. Jika tidak mau atau lupa memakainya, kemudian terjadi paparan sperma pada tubuh istri, maka kadar antibodi antisperma dalam tubuh istri bisa menguat kembali.

Pakai dengan benar
Pemasangan kondom juga harus tepat, yakni menutup semua bagian penis, memiliki kualitas kondom yang baik, juga sesaat setelah ejakulasi terjadi. Jangan biarkan penis terlalu lama di dalam vagina, karena bisa saja sperma tumpah dan masuk ke dalam vagina maupun rahim.

Di bawah 35 tahun
Terapi ini biasanya dianjurkan pada suami yang pasangannya (istri) berusia di bawah 35 tahun. Alasannya, di atas 35 tahun tingkat kesuburan perempuan umumnya berkurang, sehingga bisa menganggu efektivitas terapi.

Melepas kondom
Setelah 6-8 bulan menjalani terapi, titer antibodi dalam darah istri akan diperiksa kembali di laboratorium. Jika dinilai sudah menurun, biasanya penggunaan kondom bisa dilepas dan diharapkan sperma berhasil membuahi sel telur.

Gaya hidup sehat
Dalam masa terapi, suami dan istri harus menjaga aktivitas, juga menjaga pola makan agar tetap sehat dan seimbang supaya kebugaran terjaga dan kehamilan bisa segera didapat. Meski terapi ini dilakukan, namun aktivitas suami dan istri tidak sehat, kehamilan sangat mungkin tidak dapat dicapai.

Hubungan intim tiap 2-3 hari
Supaya kehamilan bisa didapat cepat, di saat kadar antibodi terhadap sperma istri rendah, maka lakukan hubungan intim secara teratur setiap dua atau tiga hari.

Jika kehamilan lambat dicapai, kemungkinan tak hamil bisa saja terjadi karena antibodi antisperma istri sudah meningkat. Sementara jika pasangan berhasil hamil, dan memiliki anak, serta ingin menambah anak lagi, terapi kondom ini harus dijalankan kembali. Karena biasanya, sistem antibodi antisperma istri sudah menguat kembali.

Ingin tahu bagaimana ibu hamil dapat menyeimbangkan pekerjaannya di kantor? Baca
lipsus Working Mom.


LARANGAN SAAT BERCINTA


BERCINTA memang tak punya aturan. Semua tergantung pada taste Anda dan pasangan. Tapi masalahnya, masing-masing orang punya ekspektasi terhadap cerita seksnya. Karena itu, ada larangan bercinta yang harus Anda hindari.
Saat seranjang bersama pasangan, ada beberapa kesalahan umum yang mungkin tidak Anda sadari. Kalau ia cenderung menyembunyikannya, sebagai pasangan, sebaiknya Anda bisa menangkap sinyal kesalahan itu.
Berikut delapan kesalahan yang harus dihindari selama bercinta, seperti dilansir Times of India.
Tidak mencium
Percaya atau tidak, banyak orang (termasuk wanita) tidak mencium pasangannya ketika berhubungan seks. Mengapa? Mungkin karena posisi bercinta tidak memungkinkannya untuk mencium atau karena terlalu bersemangat mencapai klimaks.
Tanpa disadari, hal ini bisa mematahkan semangat irama percintaan. Jadikan ciuman salah satu aksi menuju puncak kenikmatan yang tak boleh tertinggal.
Menggigit sebelum pasangan siap
Sementara sebagian orang begitu menikmati aksi agresif pasangan, menggigit salah satu bagian tubuh sebelum tubuh mereka benar-benar siap akan terasa menyakitkan, tidak nyaman, bahkan membuatnya ketakutan. Jadi, pastikan pasangan Anda siap sepenuhnya sebelum Anda menggigit telinga, bahu, leher atau bagian tubuh lainnya.
Mengabaikan bagian tubuh lain
Dalam urusan ranjang, alat genital memang penting, tapi sepatutnya Anda juga memperhatikan bagian lain tubuh lain. Fokus pula pada bagian tubuhnya, seperti lutut, pergelangan tangan, punggung dan perut sebagai area sangat sensitif pria, juga wanita.
Belaian lembut di area ini akan membantu merangsang pasangan Anda. Dan pada gilirannya, meningkatkan kesempatan mereka untuk memuaskan Anda.
“Menumpahkan” berat badan ke pasangan
Ketika berada di atas tubuh pasangan, Anda harus berhati-hati untuk tidak “menumpahkan” berat badan sepenuhnya. Menutupi akses pasangan untuk bernapas atau menghambat laju aksinya tentu membunuh kesenangan momen pergumulan.
Mencapai klimaks terlalu cepat atau terlalu lambat
Ini terutama dilakukan oleh pria. Para pria, Anda perlu mengendalikan otot-otot dengan baik untuk memastikan bahwa Anda ejakulasi dalam waktu yang tepat. Jika terlalu cepat, Anda bisa meninggalkan ketidakpuasan pada pasangan, tapi terlalu lamban pun meninggalkan kesan Anda tak kuat mencapai klimaks.
Untuk menghindari hal ini, sediakan banyak waktu untuk foreplay (berlaku pada pria dan wanita). Jika Anda butuh waktu lama dan hanya bisa ejakulasi melalui rangsangan manual, lebih baik pasangan orgasme lebih dulu, untuk kemudian ia bisa “melayani” Anda.
Kemudian, kalau Anda ingin quickie sex, pastikan pasangan tahu keinginan Anda. Jangan sampai ekspektasinya terlalu tinggi untuk menikmati percintaan panjang, padahal Anda ingin segera mengakhirinya.
Tidak memberitahu saat ingin mencapai klimaks
Kalau Anda ingin mengakhiri pergumulan, katakan pada pasangan dengan kalimat sederhana, misalnya “Aku siap.” Agar tak kecewa, pasangan harus tahu.
Terlalu diam
Suara yang keluar saat bercinta menjadi salah satu penghargaan Anda terhadap pasangan, misal lewat erangan atau bahkan mengatakan sesuatu seperti, “Itu rasanya sangat menyenangkan”. Hal tersebut pun memberi panduan mereka, akan meneruskan ataukah menghentikan aksinya dan mencari zona erangan Anda lainnya.
Aksi mekanis
Pasangan bukanlah mesin seks yang selalu panas setiap kali Anda memerlukannya. Ia adalah partner Anda untuk bersama-sama mencapai puncak kenikmatan.
Pastikan Anda mencampurkan kecepatan dan intensitas aksi yang dilancarkan, dari cepat ke lambat, dan sebaliknya. Jadilah pasangan kreatif Anda. Selanjutnya, Anda bisa menikmati variasi itu.

 

 


mengatasi ejakulasi dini


Oleh : dr. Tri Rejeki Herdiana
Terkadang masalah ini dapat dibiarkan berlarut-larut sampai mengakibatkan berpisahnya pasangan suami-istri. Banyak pria yang merasa malu membicarakan masalah ejakulasi dini yang dialaminya atau cenderung tertutup pada istri. Komunikasi yang kurang menjadi penyebab dasar masalah yang tidak terselesaikan, apalagi bila hal ini masih dianggap tabu untuk dibicarakan.
Penyebab dari ejakulasi dini dapat murni karena faktor psikologi atau dapat disebabkan karena gangguan organik. Terapi akan disesuaikan dengan penyebabnya. Pengobatan ejakulasi dini terbagi atas non-medikamentosa dan medikamentosa.
Non-Medikamentosa
Metode non-medikamentosa adalah metode mengatasi ejakulasi dini tanpa obat-obatan.

Terapi Seksual
Terapi seksual akan mengajarkan cara untuk melatih diri dan mengendalikan ejakulasi. Teknik mengendalikan ejakulasi salah satu diantaranya adalah dengan mengerahui sebuah titik yang disebut dengan P.O.N.R  (Point Of No Return). Titik ini adalah titik akhir menjelang orgasme pada seorang pria. Dengan mengetahui kapan P.O.N.R akan terjadi maka Anda dapat mempelajari cara mengendalikan orgasme.

Terapi seksual yang dipopulerkan oleh Masters and Johnson melalui teknik yang disebut dengan ‘Start and Stop Technique’ atau ‘Squeeze-pause Technique’ bertujuan untuk meningkatkan rentang waktu mencapai klimaks bagi pria. Teknik ini membutuhkan kerjasama serta komunikasi antara pasangan.
Start and Stop Technique’ cukup efektif untuk memperlambat terjadinya orgasme dan mengontrol ejakulasi. Cara yang dilakukan adalah :
  • Pasangan wanita memulai dengan rangsangan pada penis pria dan menghentikannya ketika pria merasakan sensasi yang dapat membuat ejakulasi (P.O.N.R)
  • Pasangan wanita kemudian memberikan tekanan lembut melingkari penis tepat dibelakang kepala penis  beberapa detik sampai sensasi tersebut menghilang
  • Pria bernapas dalam dan merasakan sensasi tersebut dan berusaha mengendalikannya
  • Apabila sensasi sudah menghilang dan tekanan dilepaskan, tunggulah sekitar 30 detik sebelum rangsangan diberikan kembali oleh pasangan wanita
  • Bila Anda merasakan keinginan untuk kembali ejakulasi, ulangi lagi proses penekanan seperti yang dijelaskan di atas
Lakukan latihan ini berulang-ulang sampai kurang lebih 10 kali atau sampai Anda mengetahui kapan P.O.N.R Anda dan dapat mengendalikannya.
Apabila masalah ini terjadi pada pria muda yang dapat mengalami ereksi kedua dalam tempo tidak terlalu lama, beberapa ahli menyarankan untuk melakukan masturbasi terlebih dahulu 1-2 jam sebelum  berhubungan intim. Interval atau rentang waktu mencapai orgasme yang kedua akan jauh lebih lama dibandingkan yang pertama. Pada pria separuh baya, cara ini sulit untuk dilakukan karena pada umumnya pria separuh baya sulit untuk mengalami ereksi yang kedua.
Latihan Kegel
Metode lain yang dapat mengontrol ejakulasi adalah latihan yang disebut dengan Latihan Kegel. Latihan kegel akan melatih kekuatan otot panggul untuk meningkatkan kualitas hubungan seksual. Kegel adalah suatu latihan otot dasar panggul Puboccoccygeus (PC) atau Pelvic Floor Muscle. Otot PC disebut juga otot ‘seksual’ karena mendukung vagina, penis, uterus, rektum dan bagian tubuh lain yang terkait fungsi seksual seperti orgasme dan ejakulasi baik pada wanita maupun pria. Latihan ini akan menguatkan otot panggul termasuk penis dan meningkatkan kemampuan seksual.

Cara melakukan senam Kegel
  • Langkah pertama, posisi duduk atau berbaring, cobalah untuk mengkontraksikan otot panggul dengan cara yang sama ketika Anda menahan kencing. Anda harus dapat merasakan otot panggul anda meremas uretra dan anus. Apabila otot perut atau bokong juga mengeras maka anda tidak berlatih dengan otot yang benar
  • Ketika anda sudah menemukan cara yang tepat untuk mengkontraksikan otot panggul maka lakukan kontraksi selama 10 detik, kemudian istirahat selama 10 detik
  • Lakukan latihan ini berulang-ulang sampai 10-15 kali per sesi. Sebaiknya latihan ini dilakukan 3 kali sehari
  • Latihan kegel hanya efektif bila dilakukan secara teratur dan baru terlihat hasilnya 8-12 minggu latihan teratur
Dengan latihan kegel secara teratur, seorang pria akan terbiasa mengendalikan ejakulasi yang akan terjadi.
Psikoterapi
Psikoterapi dalam hal ini mencakup konseling yang melibatkan petugas kesehatan sebagai konselor yang akan membantu memperbaiki gangguan dalam hubungan intim. Konseling dapat membantu mengatasi masalah, mengurangi stres dan emosi. Untuk beberapa pasangan seksual, konseling terkadang merupakan terapi terbaik.

Medikamentosa
Beberapa jenis krim anestetik (krim bius topikal) atau obat antidepresan dapat mengatasi ejakulasi dini.

Krim Anestetik
Beberapa pria dapat mencoba krim atau jel anestetik yang dioleskan ke penis sesaat sebelum melakukan hubungan intim. Krim ini mengandung lidokain atau prilokain yang dapat mengurangi sensitivitas pada penis sehingga memperlambat terjadinya klimaks.

Namun berhati-hatilah karena untuk mereka yang sensitif, krim ini dapat menyebabkan kemerahan, gatal, atau reaksi alergi. Selain krim anestetik, kontrasepsi kondom juga dapat mengurangi sensitivitas pada penis dan memperlama rentang waktu ejakulasi.
Penelitian terbaru yang dikemukakan di dalam the American Urological Association (AUA) 104th Annual Scientific Meeting April, 2009, menyebutkan mengenai spray anestetik (bius lokal) yang disemprotkan 5 menit sebelum berhubungan intim dan mampu memperlambat ejakulasi 6 kali lebih lama dari klimaks yang biasa terjadi.
Antidepresan
Beberapa obat antidepresan golongan penghambat serotonin atau selective serotonin reuptake inhibitors (SSRIs) seperti sertraline dan clomipramine dikenal memiliki efek samping memperlambat terjadinya klimaks pada pria. Namun obat ini harus diresepkan dan diawasi penggunaannya oleh dokter berkaitan dengan efek jangka panjang penggunaan obat.[](TRH)



MAKANAN PENURUN GAIRAH SEKS

Ghiboo.com - Beberapa makanan yang Anda makan secara teratur dapat menaikkan tingkat hasrat seksual Anda. Namun, Anda perlu perhatikan bahwa beberapa makanan justru bereaksi sebaliknya.
Berikut ini beberapa makanan yang dapat menurunkan gairah bercinta Anda di atas ranjang dilansir melalui besthealthmag, Selasa (14/2).
Licorice
Licorice adalah tanaman akar manis yang sering dijadikan sebagai bahan pembuat permen atau makanan manis lainnya. Licorice mengandung phytoestrogen, yang memengaruhi sistem endokrin. Mengonsumsi licorice juga dikaitkan dengan menurunnya tingkat testosteron. Hormon ini terdapat dalam tubuh pria dan wanita yang berfungsi mengontrol gairah seksual.
Kacang Kedelai
Kedelai sangat kaya akan sejumlah nutrisi, termasuk protein dan vitamin A dan B. Kacang kedelai sangat mudah dijumpai dalam bentuk susu kedelai, tahu, tempe, natto, miso, dan makanan olahan lainnya. Jika dikonsumsi terlalu banyak, kedelai ini memiliki efek yang sama seperti licorice, yaitu memicu turunnya kadar testosteron.
Mint
Mint adalah salah satu tanaman obat yang terkenal. Mint baik untuk sistem pencernaan dan memiliki antiseptik. Mint sering digunakan sebagai bahan pembuat pasta gigi dan permen penyegar mulut. Sayangnya, mint juga dapat menurunkan libido pria, sehingga menurunkan hasrat bercinta.
Kina
Kina biasanya menjadi obat paling dini untuk melawan malaria. Sayangnya, kina juga dikaitkan dengan penurunan fungsi seksual.
Corn Flakes
Corn flakes merupakan sereal dari jagung yang biasa disantap saat sarapan. Adalah John Harvey Kellogg yang menciptakan corn flakes. Beliau sengaja menciptakan corn flakes yang dimaksudkan sebagai makanan hambar yang dapat menurunkan dorongan seks para pasien di rumah sakit.

Pria Vegetarian Gairah Seksnya Payah?


KOMPAS.com — Mengapa seorang pria begitu terobsesi pada seks? Hormon testosteronlah biangnya. Hormon ini bertanggung jawab atas hal yang berkaitan dengan urusan seks, termasuk juga ciri seksual pria, seperti otot yang besar, tumbuhnya kumis, dan sebagainya. Namun, tahukah Anda bahwa testosteron dibentuk dari kolesterol?

Di dalam tubuh, untuk meningkatkan produksi testosteron, hipotalamus akan mengeluarkan zat kimia ke kelenjar pituitari yang disebut gonadotropin-releasing hormone (GnRH). Hormon ini akan menyebabkan kelenjar memproduksi dua hormon, yakni  folicle-stimulating hormone (FSH) dan luteinizing hormone (LH). LH ini akan beredar ke pembuluh darah dan sampai ke bagian testis kemudian memicu produksi testosteron dari kolesterol.

Karena itulah konsumsi kolesterol tetap perlu, asal jangan berlebihan. Kadar testosteron yang rendah membuat otot pria menjadi kecil, kepadatan mineral tulang menurun, dan sudah tentu gairah seks atau libidonya menjadi rendah.

"Orang yang tidak mengonsumsi kolesterol sama sekali, misalnya saja vegetarian, gairah seksnya juga lebih rendah," ungkap dr Hendro Sudarpo, Sp OG, dari RS Siloam Lippo Karawaci, Tangerang.

Sepanjang kita cukup mengonsumsi vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, magnesium, dan zinc, kolesterol dapat dimetabolismekan oleh tubuh dengan baik.

Selain rendahnya konsumsi kolesterol, testosteron yang rendah juga bisa disebabkan oleh proses penuaan atau kurangnya enzim-enzim yang diperlukan. Namun, penyebab primer adalah gangguan pada testis, misalnya karena ada gangguan bawaan, rusak karena trauma, atau ada tumor.

Kendati demikian, yang perlu diperhatikan adalah konsumsi kolesterol berlebihan juga bisa menyebabkan gangguan ereksi. Hiperkolesterol bisa menyebabkan timbunan plak di pembuluh darah yang pada akhirnya akan menyumbat sirkulasi darah ke organ reproduksi. Padahal, aliran darah yang baik menjadi prasyarat terjadinya ereksi.


 

Ingin Libido Naik? Berjemurlah!


LONDON, KOMPAS.com — Butuh sesuatu untuk meningkatkan libido? Cobalah berjemur beberapa saat di bawah matahari pagi.

Ini adalah salah satu saran para ahli dari Austria yang menemukan bahwa kadar testosteron pria ternyata dapat dipacu dengan vitamin D. Sebagian besar kebutuhan tubuh kita terhadap vitamin D memang disuplai oleh kulit lewat paparan terhadap sinar matahari, sedangkan sisanya berasal dari asupan makanan.

Riset melibatkan 2.299 pria yang dimuat di jurnal Clinical Endocrinology menemukan, mereka yang kebutuhan vitamin D-nya tercukupi memiliki hormon testosteron lebih tinggi ketimbang pria yang kekurangan vitamin D. Kadar hormon dan vitamin D para pria ini anjlok saat musim dingin dan mulai mencapai puncaknya pada musim panas.

Rendahnya hormon testosteron memang berdampak pada gairah atau libido pria selain juga tingkat energi. Hormon testosteron juga penting artinya pada pria dan wanita dalam mempertahankan kekuatan otot dan kepadatan tulang.
  
Peneliti dari Medical University of Graz, Austria, menemukan bahwa pria yang darahnya menyimpan sedikitnya 30 nanogram vitamin D per mililiter memiliki testosteron lebih tinggi ketimbang pria dengan vitamin D rendah.

Dalam pemantauan selama setahun, kadar testosteron dan vitamin D tampaknya mencapai puncak pada bulan Agustus, dan menurun saat musim dingin dengan menyentuh level terendah pada bulan Maret.

Professor Winfried Marz yang menggarap penelitian ini mengatakan bahwa ia dan tim akan menggelar riset lanjutan untuk meneliti lebih jauh apakah suplementasi vitamin D akan memberi efek yang sama terhadap peningkatan hormon testosteron.

Sementara itu, ahli kanker yang juga pakar andrologi di University of Sheffield, Allan Pacey, memperingatkan bahwa paparan sinar matahari yang berlebihan dapat merugikan kesehatan. Pacey juga meminta para pria untuk berhati-hati menggunakan alat sunbed dan sadar terhadap pentingya pemahaman yang benar akan risiko bila alat itu digunakan secara berlebihan.


 

Bau Wanita Subur Pancing Gairah Pria


KOMPAS.com — Lupakan parfum mahal. Bau alami yang muncul saat seorang wanita sedang mengalami masa subur ternyata lebih dahsyat dalam hal menarik perhatian pria. Saat mencium bau ini, hormon seks pria akan terpancing.

"Pria yang mencium bau kaus yang dipakai wanita saat masa subur memiliki kadar testosteron yang lebih tinggi dibanding pria yang mencium kaus wanita yang tidak sedang masa ovulasi," kata Saul L Miller dan Jon K Maner dari Florida State University.

Riset yang dilakukan dua peneliti tersebut merupakan studi pertama di dunia yang memperlihatkan pengaruh masa subur wanita dalam menghasilkan respons biologis pada pria. "Bau wanita di masa subur lebih menarik bagi pria," katanya.

Dalam dua percobaan, para responden pria diminta mencium kaus yang dipakai oleh wanita selama tiga hari atau selama masa subur mereka. Para responden juga diminta mencium kaus yang masih baru. Kemudian, contoh liur para pria diambil untuk mengukur perbedaan kadar testosteron, sebelum dan setelah mencium kaus.

Hasil dari dua kali percobaan ini menunjukkan, para responden bukan cuma memilih kaus yang memiliki bau khas, melainkan juga kadar testosteron mereka lebih tinggi setelah membaui kaus tersebut.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sex appeal (daya tarik seks) tidak hanya datang dari fisik seseorang. Ada "sesuatu" yang dikeluarkan dari bau para wanita yang sedang berada dalam masa subur. Bau ini bisa memiliki efek penggoda seksual atau sebagai isyarat untuk melakukan pembuahan.

Para ahli mengatakan, hasil studi ini menguatkan teori perilaku betina dalam menarik pejantan yang kebanyakan dilakukan dengan merangsang indra penciuman.


 

Rempah-rempah, Lancarkan Darah, Tingkatkan Libido


KOMPAS.com- Rempah-rempah kaya akan berbagai vitamin dan mineral. Terutama adalah vitamin C dan B kompleks serta kalsium, kalium, natrium, dan fosfor. Salah satu upaya pemanfaatan rempah-rempah secara tradisional adalah dalam bentuk minuman.

Contoh minuman Nusantara yang dapat digolongkan sebagai minuman fungsional adalah wedang jahe, wedang secang, wedang ronde, beras kencur, kunyit asam, sekoteng, bandrek, dan serbat.

Beberapa khasiat minuman yang terbuat dari rempah-rempah adalah: memicu aktivitas antioksidan, hipoglikemik (penurun gula darah pada penderita diabetes), menurunkan tekanan darah (hipotensif), peningkat sistem imun (imunomodulator), antipenggumpalan atau pembekuan darah, antialergi, antikanker, berefek pada sistem hormon, serta berefek pada perilaku dan kecerdasan.

Komponen lain bersifat afrosidiak (menimbulkan rangsangan dan kekuatan seksual), astringen (mengatur aliran darah melalui kontraksi pembuluh darah), diuretik (melancarkan pembuangan air seni), ekspektoran (melancarkan pembuangan dahak).


 

Libido Wanita Mudah Anjlok, Pria Lebih Konsisten


KOMPAS.com — GAIRAH seks perempuan langsung bangkit begitu berada dalam suasana yang aman. Tapi setelah empat tahun menikah atau berpacaran atau kumpul kebo, dorongan seksual wanita menurun.

Berdasarkan penelitian, hanya kurang dari separuh wanita berusia 30 tahun yang menginginkan seks secara reguler. Sementara itu, libido laki-laki tak terpengaruh oleh lamanya relationship, termasuk dalam pernikahan.

Jurnal Human Nature yang terbit pekan ini menyebutkan bahwa perbedaan ini merupakan bagian dari bagaimana manusia mengalami evoluasi. Seorang lelaki memiliki libido yang stabil bisa jadi disebabkan oleh persaingan sifat dengan sesama lelaki untuk sama-sama melindungi perempuan.

Para peneliti dari Rumah Sakit Universitas Hamburg Eppendorf telah mewawancarai 530 pria dan wanita untuk penelitian ini. Hasilnya, 60 persen dari perempuan berusia 30-an tahun menginginkan hubungan seks lebih sering pada awal-awal perkenalan (pernikahan). Tapi dalam masa empat tahun, angka tersebut cenderung menurun hingga di bawah 50 persen.

Untuk kaum Adam, tingkat wanting regular sex bertahan pada angka 60-80 persen. Mereka tak terpengaruh lamanya pacaran atau pernikahan.

Satu hal lagi yang sangat menonjol dari penelitian ini adalah faktor kelembutan (tenderness) bagi perempuan. Sekitar 90 persen perempuan menginginkan kelembutan dari pasangannya, baik pada awal-awal pernikahan atau pacaran hingga akhir hayatnya. Sebaliknya, hanya 25 persen lelaki menginginkan kelembutan. Itu pun dalam kurun waktu 10 tahun menikah/pacaran.

Dr Dietrich Klusmann yang memimpin penelitian ini yakin bahwa perbedaan seksual ini merupakan bagian dari evoluasi manusia. ”Untuk laki-laki, alasan konsisten dalam seks adalah keinginannya untuk selalu melindungi pasangan dari godaan lelaki lain,” katanya.

Di akhir penjelasannya, dr Dietrich bilang bahwa perempuan mengalami evolusi sedemikian rupa sehingga memiliki dorongan seksual tinggi justru ketika mereka baru berkenalan. Mengapa begitu? Ini merupakan tahap awal untuk membentuk apa yang disebut pair bond atau perikatan dengan pasangannya. Nah, ketika hubungan sudah mulai cair, libido perempuan turun.

Ia menambahkan bahwa studi tentang tingkah laku binatang memberikan gambaran bagaimana perempuan saat itu mengalihkan pandangan ke lelaki lain atau pria idaman lain (PIL). Ini untuk mengamankan kombinasi genetiknya.

Kemungkinan lain, perempuan membatasi hasrat seksual justru untuk menggoda atau memancing gairah pasangannya


 

Wah, Alergi Menurunkan Gairah Seksual


KOMPAS.com - Gangguan alergi memang bukan penyakit yang mematikan, tapi mampu menurunkan kualitas hidup penderitanya. Salah satunya adalah menurunnya gairah seksual.

Dalam polling yang dilakukan terhadap 700 penderita rintis alergi, diketahui 83 persen responden menjawab alergi mengganggu aktivitas seksual mereka. Sementara itu 18 persen dari orang yang terganggu aktivitas seksualnya menjawab alergi yang diderita mengurangi kepuasan seksual.

"Hasil polling ini cukup mengejutkan," kata Dr.Michael Benninger, ketua Institute of Head and Neck, Ohio, AS. Menurutnya, selama ini produk untuk mengobati alergi cenderung difokuskan agar orang bisa menikmati aktivitas mereka sehari-hari. Jarang yang menyinggung soal kepuasan seksual.

Rintis alergi merupakan penyakit dengan gejala utama bersin, gatal hidung, beringus, dan hidung tersumbat. Biasanya rintis alergri merupakan penyakit yang diturunkan oleh orangtua kepada anaknya.

Penderita rintis alergi biasanya terganggu karena gejala penyakit sering menyebabkan penderitanya kelelahan, kurang tidur, dan tidak bisa berkonsentrasi.

Kaitan antara rintis alergi dengan kepuasan seksual memang belum jelas benar, namun Benninger menduga hal tersebut terjadi karena penderita merasa kurang seksi atau malas bermesraan akibat gangguan hidung berair atau bersin-bersin.

"Bila seseorang merasa hidungnya selalu berair, bersin, dan merasa tidak seksi, mungkin mereka akan merasa enggan untuk melakukan kontak yang sifatnya intim dengan pasangan," katanya


 

 

 

 

 

 

Mitos Makanan dan Seks


NAMANYA saja mitos, jadi tak usah dipercaya. Nah, agar tak keterusan terjebak dengan berbagai pandangan keliru tentang berintim-intim, mari kita simak bersama penjelasan di bawah ini dari ahlinya, seksolog Dr Naek L Tobing. 

* SOP KONRO PACU GAIRAH

Makanan yang satu ini kerap dianggap sebagai "obat" untuk meningkatkan gairah, seperti halnya daging kambing. Padahal, sama sekali tak ada hubungannya dengan gairah seksual. Makanan ini bila kita mengonsumsinya dalam porsi wajar, hanya sebatas membantu membuka aliran darah dan memberi tenaga ekstra karena kandungan proteinnya yang cukup tinggi. Jadi, tak usahlah dipercaya.

* JAMU KUAT BIKIN KUAT

Yang ini juga tak perlu dipercaya. Kita justru harus waspada terhadap iklan-iklan bombastis yang mengatakan jamu-jamu spesifik semisal sari rapet dan jamu kuat bisa meningkat gairah seksual. Kandungannya enggak jelas, tak jarang malah sangat meragukan.

Lain hal dengan jamu-jamu sehat, semisal beras kencur atau sejenisnya yang memang bisa diandalkan untuk meningkatkan vitalitas dan kesegaran tubuh. Itu sebabnya, mereka yang terganggu kehidupan seksualnya lantaran kerja keras atau sehabis sakit amat dianjurkan minum jamu sehat. Selain banyak tidur/istirahat dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang agar energi tubuhnya segera pulih. Pemulihan energi yang lebih cepat tentu akan mempercepat pula terbangkitnya gairah seksual.

* MADU TAMBAH TENAGA

Mereka yang mengonsumsi madu biasanya lebih bersemangat dibanding yang tidak. Hal ini dapat dibenarkan karena zat-zat yang terkandung dalam madu diyakini mampu memberi energi tambahan. Namun jika diminumnya hanya ketika hendak berhubungan intim, tentulah pengaruhnya tak secepat itu akan terasakan. Seperti halnya kita minum obat, kan, tak mungkin langsung sembuh kalau cuma sekali minum.

* TELUR BEBEK TINGKATKAN KUALITAS SPERMA

Sebetulnya, manfaat telur tak bersifat langsung atau spesifik bisa meningkatkan gairah seksual atau bahkan membuat kualitas sperma jadi prima. Melainkan lebih untuk membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara umum. Bukankah mereka yang bertubuh sehat diyakini juga memiliki libido tinggi, mudah terangsang, dan semakin baik/sehat pula kehidupan seksualnya?

Kendati belum ada penelitian mendetail, mengonsumsi telur lebih bagus untuk kesehatan dibanding tak mengonsumsinya sama sekali.

Hanya saja disarankan untuk mengonsumsi telur matang ketimbang telur mentah atau setengah matang. Soalnya, protein yang terkandung dalam telur cukup susah dicerna seperti halnya protein hewani semisal daging yang harus dimasak lebih dulu.

* TERUNG SEBABKAN LOYO

Siapa bilang? Belum ada pembuktian ilmiahnya, kok. Mungkin lantaran orang begitu terpaku pada persamaan bentuk terung dengan penis. Padahal, meski sepintas terlihat sama, penis dipenuhi pembuluh-pembuluh darah yang otomatis akan terisi penuh begitu terjadi peningkatan libido atau dalam keadaan terangsang. Sementara terung, diapa-apain pun akan tetap loyo karena strukturnya memang berbeda. Nah, cuma mitos, kan?

* NANAS & PISANG BIKIN BECEK

Semasa gadis, pernah nggak Bu dilarang makan nanas dan pisang oleh orang tua? Padahal, tak ada bukti ilmiahnya lho. Jadi, sama sekali tak beralasan kelewat takut dan membatasi diri untuk menyantapnya. Apalagi, tak ada kaitan jelas antara mengonsumsi buah-buahan tersebut dan kerja organ-organ seksual, baik pria maupun wanita.

Nanas dan pisang malah mengandung zat-zat tertentu yang dibutuhkan tubuh, terutama vitamin C dan kalium dalam pisang yang justru berkhasiat menahan cairan tubuh. Lagi pula kondisi basah sebetulnya merupakan pertanda alamiah bahwa pihak istri telah siap menerima kehangatan dari suaminya. Sementara kondisi kering malah akan menimbulkan lecet dan rasa sakit yang bakal menyiksa keduanya.

Boleh dibilang yang paling berperan dalam hal ini adalah sensitivitas dan kekencangan otot-otot tubuh, terutama otot-otot dasar panggul yang melingkari tulang organ kelamin. Kedua hal inilah yang amat berperan menentukan daya cengkeram sekaligus meningkatkan kualitas hubungan suami-istri. Jadi, pada mereka yang sensitivitasnya tak mengalami gangguan, tersentuh sedikit saja sudah akan terbangkitkan gairahnya.

Jika pun menurun tingkat kepekaannya, entah pada bagian-bagian tertentu atau justru seluruh tubuh, toh masih memungkinkan untuk diterapi lewat pengobatan dan pelatihan. Sambil tak lupa menggali akar permasalahannya kenapa bisa terjadi demikian, mengingat akibatnya dirasakan secara fisik, meski awalnya bersifat psikis.


 

8 Makanan Peningkat Kesuburan Wanita


KOMPAS.com - Ketika sepasang suami istri memutuskan bahwa mereka siap untuk menjadi orang tua, mereka sering menerapkan perubahan dalam gaya hidup untuk meningkatkan kesehatan dan membantu mempersiapkan diri untuk menjadi orang tua.
Salah satu perubahan terbesar yang wanita lakukan untuk mempersiapkan kehamilan adalah beralih ke pola makan yang sehat. Makan sehat mungkin tidak cukup bagi pasangan yang mengalami kesulitan hamil. Ada beberapa jenis makanan yang sangat spesifik dan telah dikaitkan dengan kemungkinan peningkatan kesuburan. Di bawah ini adalah 8 jenis di antaranya :

1. Susu, keju, yogurt, dan es krim

Kalsium adalah nutrisi penting bagi perempuan dalam semua tahap kehidupan, termasuk kehamilan. Kebanyakan ibu hamil memahami pentingnya mendapatkan cukup kalsium untuk mendukung perkembangan tulang bayi, serta untuk menjaga pasokan kalsium tubuhnya sendiri. Kalsium pun penting artinya selama fase prakonsepsi untuk membantu meningkatkan kesuburan. Menambah asupan kalsium dari sumber makanan kaya lemak susu, seperti susu, yogurt, es krim dan keju, tidak hanya akan membantu memperkuat tulang. Tetapi sebenarnya juga membantu sistem reproduksi berfungsi lebih efisien.

Alasan hubungan antara susu dan meningkatnya kesuburan belum dipahami. Tetapi para ilmuwan telah melakukan banyak penelitian pada subjek, yang semuanya mengarah ke manfaat asupan tinggi kalsium pada kesehatan reproduksi. Wanita yang mencoba untuk hamil harus memenuhi sekitar 1.000 miligram kalsium per hari, setara dengan sekitar 8 ons gelas susu.

Penelitian terbaru menyimpulkan bahwa produk susu yang dikonsumsi harus yang tinggi lemak untuk meningkatkan kesuburan. Meski alasannya tidak diketahui, tapi menurut studi terakhir, produk susu rendah lemak tidak memiliki efek positif yang sama untuk meningkatkan kesuburan. Bahkan, penelitian menemukan, wanita yang mengonsumsi susu rendah lemak memiliki penurunan kesuburan. Selama berat badan Anda berada dalam kisaran normal, sebaiknya pilih susu tinggi lemak untuk setidaknya satu porsi harian kalsium Anda.

2. Karbohidrat kompleks

Dalam beberapa tahun terakhir, karbohidrat telah mendapat cap buruk. Banyak orang menghindari karbohidrat dengan alasan dapat membuat lingkar pinggang besar. Beberapa wanita yang sedang berusaha untuk hamil keliru jika mereka berpikir bahwa harus menghindari karbohidrat untuk mempertahankan berat badan mereka. Tidak semua karbohidrat diciptakan sama.

Karbohidrat kompleks, seperti biji-bijian, tidak hanya sehat, tetapi dapat membantu meningkatkan kesuburan, tidak seperti karbohidrat yang ditemukan dalam roti olahan dan nasi putih. Ketika Anda mengonsumsi karbohidrat olahan, maka kadar gula darah dan insulin meningkat. Hal ini dapat mengganggu hormon yang bertanggung jawab untuk reproduksi, yang dapat menunda atau mencegah pembuahan.

3. Buah dan sayuran berwarna cerah

Bukan rahasia lagi kalau buah dan sayuran adalah sumber gizi yang sangat penting bagi pria dan wanita. Selain kaya akan vitamin, mineral dan nutrisi penting, buah-buahan segar dan sayur-sayuran kaya antioksidan dan fitokimia yang membantu menghilangkan radikal bebas. Ketika radikal bebas menumpuk di dalam tubuh, mereka dapat menyebabkan sejumlah besar masalah kesehatan, termasuk gangguan pada hormon reproduksi. Bahkan buah dan sayuran juga dapat menghilangkan racun yang dapat mengganggu pembuahan.

Saat memilih buah dan sayuran, isilah piring Anda dengan berbagai warna buah yang cerah sebanyak mungkin. Sebagai aturan umum, semakin kuat warnanya, semakin lebih banyak kandungan nutrisi pada buah atau sayuran. Berries adalah buah yang sangat bergizi. Makanan ini membantu melindungi sel-sel Anda dari kerusakan dan mencegah penuaan sel. Buah ini tidak hanya mempengaruhi tubuh Anda, tetapi juga telur dalam saluran reproduksi. Jauhi segala macam buah dan sayur kalengan yang memiliki nilai gizi yang sangat sedikit dan penuh dengan bahan pengawet dan pemanis buatan.

4. Daging ayam

Konsumsi daging ayam sangat penting karena makanan ini tinggi protein dan zat besi, yang sangat penting bagi perempuan yang sedang berusaha untuk hamil. Besi dan protein sangat penting bagi perempuan sebelum dan selama kehamilan. Meskipun zat besi dan protein dapat ditemukan juga pada produk non-hewani, tetapi ada hubungan yang signifikan antara protein hewani dan peningkatan kesuburan. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang kekurangan zat besi lebih mungkin untuk menderita kemandulan daripada mereka yang kebutuhan zat besinya tercukupi.

Ini tidak berarti bahwa semua protein Anda harus berasal dari daging hewan tanpa lemak, tetapi bertujuan untuk setidaknya satu porsi per hari. Pastikan untuk memilih ayam yang diproses dengan teknik sehat seperti memanggang, dan menghindari ayam yang digoreng atau tinggi lemak.

5. Telur

Banyak orang yang terkejut mengetahui bahwa telur merupakan makanan super kuat yang secara dramatis dapat meningkatkan kesehatan reproduksi. Telur kaya akan vitamin dan nutrisi penting seperti protein dan kolin. Asupan kolin sangat dibutuhkan sebelum dan saat kehamilan karena meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap asam folat. Asam folat sangat penting selama tahap prakonsepsi dan awal kehamilan untuk mencegah bayi lahir cacat saraf seperti spina bifida. Mengkonsumsi hanya satu telur per hari dapat meningkatkan kadar kolin yang cukup untuk meningkatkan penyerapan asam folat dua kali lipat.

6. Sayuran berdaun hijau

Selain semua antioksidan yang ditemukan dalam sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung, sayuran ini juga kaya dengan zat besi. Besi sangat penting untuk mempertahankan siklus menstruasi seimbang, karena banyak wanita yang kekurangan zat besi cenderung memiliki menstruasi yang tidak teratur. Ketika wanita mengalami gangguan pada siklus menstruasi mereka, mereka cenderung untuk dapat hamil. Dengan memasukkan sayuran berdaun hijau ke dalam menu Anda setiap hari, Anda dapat meningkatkan kadar zat besi Anda secara signifikan hanya dalam satu bulan.

7. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian dicerna lebih lambat di dalam tubuh, yang membantu mengatur tingkat insulin dan meningkatkan ovulasi. Selain itu, kacang-kacangan dan biji-bijian juga mengandung asam lemak Omega-3, asam lemak esensial yang memiliki efek langsung pada tingkat hormon. Kacang dan biji-bijian juga sangat tinggi antioksidan. Selain menghilangkan radikal bebas, antioksidan membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi kemungkinan tubuh wanita dari menyerang sperma pria.

8. Minyak zaitun


Sebagaimana disebutkan di atas, Omega-3 diyakini memiliki efek yang sangat besar pada peningkatan kesuburan. Omega-3 biasanya ditemukan pada minyak zaitun. Studi menunjukkan bahwa Omega 3 benar-benar dapat meningkatkan kualitas baik sperma atau pun sel telur, sehingga menjadi bagian penting dari diet kesuburan bagi pria dan wanita yang berusaha untuk hamil.



Food For A Hot(Er) Sex

Ghiboo.com - Setiap makanan yang Anda konsumsi memang memiliki fungsinya masing-masing. Mulai dari meningkatkan energi, mempertajam memori, hingga melawan banyak penyakit.

Kali ini Cosmo membawa menu spesial untuk Anda. Adalah kudapan dengan kandungan afrodisiak yang terkenal mampu membangkitkan juga menstimulasi hasrat seksual dalam tubuh. Nah, buat Anda yang selalu mendambakan sesi istimewa nan panas, pilihan makanan berikut akan bawa Anda terbang ke nirwana. Enjoy!

Cabai
Capsaicin, suatu bahan kimia yang terdapat dalam butiran lada, meningkatkan sirkulasi untuk memompa darah dan merangsang ujung saraf sehingga Anda akan merasa lebih turned on.

Asparagus dan Alpukat
Vitamin E dalam makanan hijau ini membantu tubuh Anda melancarkan hormon seperti testosteron, estrogen, dan progesteron, yang beredar di aliran darah serta merangsang tanggapan seksual seperti keluarnya pelumasan pada Miss Cheerful dan pembengkakan klitoris.

Pisang
Kandungan kalium, juga nutrisi untuk kekuatan otot yang terdapat dalam buah pisang ini menjadi alasan Anda perlu untuk mengonsumsinya. Pasalnya, saat Anda mencapai klimaks, Anda akan merasakan kontraksi yang cukup intens berkat kandungan tersebut.

Cokelat
Kakao mengandung phenylethylamine, yaitu stimulan yang memunculkan perasaan semangat, nyaman, dan kegembiraan. Kalau sudah begini, Anda siap ciptakan sesi istimewa yang begitu ?hot?!

Kerang
Mungkin Anda sudah mengetahui kalau kerang merupakan salah satu makanan afrodisiak. Well, ini sudah terbukti mampu meningkatkan gairah Anda secepat kilat. Kerang ini penuh dengan zinc, yaitu mineral yang menambah produksi testosteron hingga membuat dorongan seks yang lebih tinggi.

Buah Delima
Pusat kekuatan buah ini terdapat pada antioksidan yang dimilikinya untuk melindungi lapisan dinding pembuluh darah, sehingga darah bisa mengalir lancar. Hasilnya? Peningkatan sensitifitas pada Miss Cheerful.

Anggur Merah
Selain membuat Anda relaks, anggur merah mengandung resveratrol, sebuah antioksidan yang membantu meningkatkan aliran darah dan meningkatkan sirkulasi sebelum dan selama bercinta.

Salmon dan Walnut
Mereka dikemas dengan asam-lemak omega 3 yang menjaga produksi hormon seks pada puncaknya. Biji labu dan rami juga mengandung zat-zat yang baik untuk menemani sesi bercinta Anda.

Vanila
Sehabis menyantap hidangan malam, teruskan dengan melahap es krim dengan rasa vanila. Selain bisa merangsang saraf, ini juga membuat sensasi bercinta Anda lebih panas

 









1 komentar:

  1. Lucky Club - Live Dealer - Lucky Club
    Join the fun at Lucky Club with over 1,300+ casino games including blackjack, roulette, keno and a wide luckyclub.live range of table games from LIVE dealer

    BalasHapus